Aksi Nyata Budaya Positif Di Sekolah

 AKSI NYATA MODUL 1.4 - FORUM BERBAGI AKSI NYATA


PENERAPAN BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH


Oleh

Fany Isti Bigo,S.Pd.,Gr

SMP Negeri 1 Hawu Mehara

CGP Angkatan 9 Kabupaten Sabu Raijua



Latar Belakang

Budaya positif sangat penting untuk dikembangkan di sekolah. Hal ini karena sekolah merupakan bagian tripusat pendidikan, tempat tumbuh dan berkembangnya karakter anak. Salah satu langkah untuk membentuk lingkungan kelas yang berbudaya positif yaitu dengan membuat kesepakatan kelas, sehingga anak memiliki keyakinan dan kesadaran akan penerapan disiplin berdasarkan motivasi intrinsik sehingga memiliki karakter yang kuat sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Pemahaman tentang konsep budaya positif di sekolah saya belum optimal. Hal ini karena belum terselenggaranya penerapan budaya positif seperti disiplin positif, nilai kebajikan dan keyakinan kelas, posisi kontrol, kebutuhan dasar dan segitiga restitusi. Setelah kegiatan diseminasi tentang konsep budaya positif maka seluruh warga sekolah dapat menerapkan konsep-konsep budaya positif. Sehingga sekolah mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dalam menciptakan suatu wadah belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan .


Tujuan

  • Aksi nyata ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya positif disekolah untuk menerapkan nilai-nilai kebajikan dan bertanggung jawab atas keyakinan yang disepakati bersama.

  • Menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan menyenangkan


Tolak Ukur

  • Terlaksananya kegiatan desiminasi budaya positif di sekolah

  • Melaksanakan keyakinan kelas yang telah disepakati bersama

  • Penyelesaian masalah dengan menggunakan segitiga restitusi


Linimasa Tindakan Yang Dilakukan

  • Meminta izin kepada kepala sekolah dan teman sejawat untuk melakukan diseminasi

  • Berkolaborasi dengan wali kelas untuk menyusun dan menempelkan di dinding kelas tentang kesepakatan kelas antara guru dan murid yang telah disepakati bersama 



Dukungan Yang Dibutuhkan

  • Kepala sekolah

  • Teman sejawat

  • Siswa

  • Seluruh staf sekolah

  • Perangkat pendukung (ATK kelas, Proyektor dan Laptop) 


Hasil Dari Aksi Nyata

Kepala sekolah dan rekan guru sangat senang dengan kegiatan diseminasi yang saya lakukan dengan penjelasan yang rinci dan dapat dimengerti. Audiens mendapatkan ilmu tentang budaya positif yang bermanfaat untuk diterapkan di kelas masing-masing dan lingkungan sekolah pada umumnya.

Respon siswa yaitu siswa bangga dengan dibentuk kesepakatan bersama tentang keyakinan kelas yang dapat menyemangati siswa untuk mengadakan perubahan ke arah yang lebih serta bertanggung jawab.

Kegiatan penerapan budaya positif pada segitiga restitusi dalam menyelesaikan permasalahan siswa memberikan gagasan atau ide kepada guru untuk dapat melakukan pendisiplinan dan tumbuh rasa tanggung jawab murid terhadap apa yang telah dilakukannya.


Dokumentasi Kegiatan Penerapan Budaya Positif Di Lingkungan Sekolah

1. Aksi Nyata Diseminasi Budaya Positif Di Lingkungan Sekolah







2. Aksi Nyata Membuat Keyakinan Kelas Bersama siswa


3. Penerapan Segitiga Restitusi

Video penerapan segitiga Restitusi dalam penyelesaian masalah dapat ditonton di link berikut

https://youtu.be/_EQfgiixjDM?si=bDjvqGYrC0lmdP7R


Pembelajaran Yang Diperoleh Dari Pelaksanaan Aksi Nyata

  • Pentingnya menerapkan budaya positif di lingkungan sekolah

  • Membuat keyakinan kelas dengan kesepakatan bersama

  • Dukungan dari seluruh warga sekolah untuk menerapkan budaya positif mewujudkan sekolah aman, nyaman dan menyenangkan 


Rencana Tindak Lanjut

  • Melakukan kegiatan diseminasi secara rutin dan berkelanjutan

  • Membuat jadwal pelaksanaan perbaikan sebagai bahan evaluasi untuk keyakinan kelas menjadi lebih terarah dan dapat diterapkan di lingkungan sekolah



Salam dan Bahagia. 

Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan.

Salam Guru Penggerak.


Comments